Rabu, 10 Oktober 2012

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Manusia dan cinta kasih

Pengertian cinta kasih

Cinta, merupakan rasa, ungkapan hati, naluri, dan pandangan terhadap sesuatu atau objek. Objeknya bisa meliputi sesama makhluk hidup, hewan, dan apapun yang sedang di rasakan pada saat itu. Kekuatan cinta adalah kekuatan yang paling tinggi karena cinta tidak mudah di kalahkan oleh apapun yang dapat menghalangi cinta. Cinta juga merupakan pedoman dalam melakukan setiap kegiatan kita. Kita tidak dapat mewujudkan impian kita tanpa di dasari dengan cinta. Sesuatu yang bukan karena cinta itu biasanya hamya sementara atau berupa paksaan. 

Kasih, merupakan suatu perasaan/ sikap ingin berkomunikasi, berinteraksi, baik secara visual maupun nonvisual terhadap suatu objek tertentu. Seperti contoh kasih ibu kepada anaknya yang tidak pernah lelah mengasuhnya dari kecil hingga dewasa dan membimbingnya ke arah yang benar dengan niat yang tulus dan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan. Kasih sangatlah berbeda dengan cinta karena kasih dapat terhalang oleh berbagai problem seperti pertengkaran, permusuhan, benci, dendam dan sifat sifat lainnya.

Dapat di simpulkan cinta kasih yaitu, suatu perasaan, naluri, sikap ingin berkomunikasi atau berinteraksi terhadap sesama makhluk hidup maupun objek tanpa adanya suatu paksaan tertentu dengan maksud dan tujuan mencari kekuatan cinta yang tidak mudah terhalang oleh apapun tanpa mengharapkan imbalan apapun dan dilakukan dengan ikhlas.

Cinta menurut ajaran agama

1. Cinta kepada Tuhan
cinta kepada Tuhan merupakan cinta yang paling utama pada manusia. Jika kita tidak mencintai tuhan , bagaimana bisa kita mencintai sesama makhluk ciptaan tuhan. Oleh karena itu cinta kepada Tuhan adalah cinta yang paling utama. 
2. Cinta kepada orangtua 
cinta kepada orangtua merupakan wajib hukumnya bagi seorang anak. Tanpa adanya orangtua, kita tidak bisa menjadi seperti sekarang. Bagaimana jika orangtua tidak mencintai kita ? kita tidak akan hidup layak seperti sekarang ini. Mau bagaimanapun kondisi orangtua, karakter orangtua , kita harus tetap mencintai karena mereka adalah orang yang sudah mendidik kita dari kecil hingga menjadi seperti ini.
3. Cinta kepada sesama makhluk tuhan 
cinta kepada sesama makhluk tuhan sama saja kita seperti mencintai tuhan. Kita harus berdamai dan menghargai sesama makhluk tuhan. Sebab tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna dan sama derajatnya di mata tuhan.
4. Cinta kepada Rasul
cinta kepada Rasul merupakan cinta yang paling utama setelah cinta kepada Tuhan. Rasul adalah suri tauladan yang baik bagi kita. Sikap, perbuatan dan akhlak Rasul adalah merupakan terpuji dan harus kita contoh sebagai pedoman dalam hidup.
5. Cinta kepada diri sendiri
apabila kita sudah bisa mencintai beberapa point diatas, maka kita akan bisa mencintai diri kita sendiri. Janganlah benci terhadap apa yang telah terjadi dan semua harus di syukuri meskipun itu pahit. Maka akan ada hikmah tersendiri untuk kita.

Kasih sayang

Kasih sayang harus kita lakukan kepada sesama manusia dan makhluk tuhan lainnya. Kasih sayang tidak harus di tunjukkan dengan cara mengelus elus kepala ataupun mengelus elus pundak. Kasih sayang yang di maksud adalah melalui sikap kita terhadap makhluk tuhan, perbuatan kita dan rasa iba kita kepada sesama makhluk ciptaan tuhan. Manusia tergolong sebagai makhluk sosial yang artinya manusia tidak akan bisa hidup sendiri tanpa ada bantuan atau dorongan dari orang lain.

Kemesraan 

Kemesraan bisa diartikan dekat, karib, dan erat. Mesra bahkan familiar di kalangan orangtua dan orang yang mempunyai pasangan. Mesra bisa juga berarti memiliki hubungan yang harmonis kepada sesama makhluk tuhan tidak hanya kepada pasangan saja. Kepada Tuhan pun kita harus mesra karena dalam menjalankan ibadah kita harus khusyuk agar ibadah menjadi afdol dan harmonis serta menimbulkan rasa tenang.

Belas kasihan

Rasa belas kasihan atau rasa iba harus ada dalam setiap diri manusia. bagaimana jika kita tidak mempunyai belas kasihan ? bisa jadi menyelesaikan suatu masalah tidak dengan kepala dingin yang ada malah melakukan kontak fisik antar sesama. Yang tua harus melindungi yang muda, dan yang muda harus patuh dan sopan kepada yang lebih tua. Yang kaya tidak boleh menindas kaum miskin , sebaiknya orang kaya harus mempunyai rasa iba terhadap yang lemah/miskin. Karena roda akan selalu berputar kita tidak tahu apa yang terjadi kemudian nanti. 


Cinta kasih erotis


Cinta kasih erotis berasal dari dalam individu masing masing. Erotis bukan berarti nafsu semata. Cinta kasih erotis yaitu cinta sebenar benarnya cinta terhadap individu individu atau pasangan tertentu dalam mencapai suatu tujuan hidup/ kebahagiaan. Erotis dipandangan umum berarti sebuah gerakan gerakan yang memicu terjadinya kegiatan berbau seksual. Tapi dalam hal ini cinta kasih erotis adalah keinginan untuk mencapai suatu tujuan hidup yang sebenarnya. 

by : abdul azis
   
http://yudhatri.wordpress.com/2011/04/06/pengertian-cinta-kasih-kasih-sayang-kemesraan-dan-pemujaan/
http://arieswahyu89.blogspot.com/2012/01/tugas-ibd-1-manusia-dan-cinta-kasih.html
http://tifany-tifa.blogspot.com/2010/10/pengertian-kemesraan.html
http://hasqial.blogspot.com/2011/01/cinta-kasih-erotis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar