Jumat, 26 Oktober 2012

MANUSIA DAN KEINDAHAN

KEINDAHAN

Keindahan merupakan sesuatu yang enak dilihat ataupun di pandang. Keindahan berasal dari bahasa latin "benum" , bahasa inggris "beautiful , bahasa perancis "beao" dan bahasa italia dan spanyol "beloo" yang artinya itu semua adalah kebaikan.

Keindahan identik dengan kebenaran. Meskipun terlihat indah namun tidak mengandung unsur kebenaran , tetap saja itu bukan merupakan sesuatu yang indah. Pengalaman keindahan yang dimiliki manusia biasanya bersifat terlihat (visual) dan terdengar (auditory). 

Batas keindahan akan berhenti pada sesuatu yang indah dan bukan pada keindahan itu sendiri. Keindahan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah. Kita akan merasa kagum apabila kita sedang melihat sesuatu yang indah dan itu merupakan daya tarik tersendiri dari keindahan.

Orang yang mempunyai konsep keindahan adalah orang yang mampu berimajinasi, rajin, dan kreatif dalam menghubungkan benda satu dengan benda yang lainnya. Demikian pula kata indah di terapkanuntuk persatuan orang - orang yang beriman , para nabi, orang yang menghargai kebenaran dalam agama, kata ,tindakan dan perbuatan serta orang orang yang soleh merupakan persahabatan yang paling indah. 

Jadi keindahan itu mencakup sesuatu yang luas baik manusia dengan manusia, manusia dengan Tuhan , manusia dengan benda dan bagi pribadi itu sendiri yang melakukan interaksi sehingga keindahan identik hubungannya dengan kebenaran. 

RENUNGAN

Renungan berasal dari kata renung yang berarti diam - diam memikirkan sesuatu, penghayatan secara dalam - dalam dan sebuah inspirasi atau khayalan terhadap sesuatu. Renungan terjadi akibat dari merenung. Dalam merenunguntuk menciptakan seni ada beberapa teori. Teori - teori itu adalah teori pengungkapan, teori metafisik dan teori psikologis.

Renungan bisa jadi terjadi karena pemikiran secara dalam mengena isuatu hal tertentu. Renungan bisa saja menjadi positif dan negatif. Renungan positif contohnya ketika sedang memikirkan sesuatu hal untuk masa yang akan datang. Renungan negatif contohnya ketika sedang meikirkan sesuatu yang dianggap tidak berguna untuk masa yang akan datang. 

Renungan bisa saja mengubah sifat seseorang yang semula negatif menjadi positif begitu juga sebaliknya. Renungan bisa juga bersifat berandai - andai atau angan - angan. Kita melakukan suatu renungan adalah agar kita bisa berfikir dalam melakukan suatu hal yang di anggap penting. Dan renungan bisa juga menjadi inspirasi bagi suatu seniman seniman.

KESERASIAN

Keserasian berasal dari kata rasi yang artinya cocok, kena, benar dan sesuai. Kata cocok, kena dan sesuai mengandung unsur perpaduan, pertentangan, ukuran dan seimbang.

Dalam pengertian perpaduan misalnya, dalam hal pakaian terutama orang akan menyesuaikan pakaian yang di pakai dengan warna kulitnya. Apabila kurang cocok maka tidak akan terlihat serasi dan tidak enak di pandang. Sebaliknya apabila serasi akan memberikan nilai puas terhadap pandangan dan penglihatan orang.

Pertentangan juga menghasilkan keserasian. Contohnya dalam hal mengemukakan pendapat. Apabila suatu pendapat tidak sama dengan pendapat orang lain maka akan timbul pertentangan. Pertentangan akan membuat keserasian menjadi indah. Pertentangan akan mempersatukan pendapat pendapat pendapat yang berbeda dan di padukan menjadisatu sehingga timbul keserasian.

Keseimbangan juga harus diperlukan agar timbul keserasian. Keserasian timbul akibat keseimbangan,sama rata, dan sama besar. Jika tidak seimbang maka keserasian itu tidak akan ada. Keserasian itu sangat di perlukan dalam kehidupan sehari - hari.  

by : abdul azis
sumber referensi :

http://rizqymoorcy.wordpress.com/2010/04/19/pengertian-keindahan/
http://xpesawatkertas.blogspot.com/2012/04/pengertian-renungan.html
http://blackjackuniverse.blogspot.com/2012/04/pengertian-keserasian.html





1 komentar: